Terapkan Prinsip Physical Distancing, Mokorowu Ajak Warga GBTL 2 Taat Pemerintah

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Langkah serius terus dipacu pemerintah untuk merespon perkembangan virus corona (Covid-19). Gerak itu juga gencar diperagakan Pemerintah Kota Tomohon, demi memutus mata rantai penyebaran virus mematikan yang sangat mengguncang dunia ini.

Berbagai macam upaya giat dilakukan, mulai penyemprotan disinfektan di fasilitas publik hingga pemukiman warga. Selain itu berbagai imbauan serta arahan untuk hidup sehat dan social distancing maupun physical distancing, terutama masyarakat bisa mengikuti standar protokoler kesehatan untuk melawan virus corona.

Himbauan serta arahan ini turut diikuti oleh masyarakat yang ada di Perumahan Griya Bangun Tomohon Lestari (GBTL) 2 Lansot. Seperti terlihat pada saat melakukan pengumpulan dana sosial duka, di rumah keluarga Wowiling-Sumampouw, yang mengalami dukacita karena ditinggal orang tua.

Hendra Mokorowu, Ketua Rukun Nimawanua Pinasungkulan GBTL 2 Lansot, saat melakukan pengumpulan dana sosial duka mengatakan, saat ini masyarakat harus memperhatikan prinsip social distancing dan physical distancing serta mengutamakan standar protokoler kesehatan.

“Untuk itu, mekanismenya kita atur dalam 8 poin. Pertama, pengurus yang stand by hanya 2 orang dan duduk dengan jarak yang aman, yakni minimal 1,5 meter. Kedua, pengurus bergantian, shift pagi 2 orang dan shift siang 2 orang atau nanti disesuaikan. Ketiga, pengurus yang bertugas akan dilengkapi dengan safety, yakni masker dan sarung tangan. Keempat, setiap anggota membawa kewajiban dana duka, hanya menyetor dan langsung pulang. Kelima, anggota datang satu per satu, tidak boleh beramai-ramai atau berkelompok. Keenam, tidak diperkenankan berlama-lama di tempat pengumpulan dana duka, maksimal hanya 10 menit. Ketujuh, anggota disarankan memakai masker. Kedelapan, dalam pengumpulan dana duka ini, pengurus menyediakan sarana hand sanitizer untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah anggota menyetor dana duka,” jelas Mokorowu.

Menurutnya, untuk pelaksanaan pengumpulan dana duka ini, pengurus telah mengadakan konsultasi dan berkoordinasi dengan Satgas Tim Gerak Cepat (TGC) Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kota Tomohon.

Sementara, Sekretaris Kota Tomohon yang juga Ketua Satgas TGC Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kota Tomohon, Ir Harold V Lolowang, M.Sc melalui pesan whatsappnya mengapresiasi hal tersebut. Menurutnya, pengumpulan dana duka yang dilakukan oleh Rukun Nimawanua Pinasungkulan GBTL 2 Lansot sangat tepat.

“Apa yang dilakukan Rukun Nimawanua Pinasungkulan GBTL 2 Lansot sangat tepat, mengikuti dan mendukung arahan dari pemerintah kota. Tentunya saya memberikan apresiasi dan berharap kita terus dapat melawan penyebaran virus corona ini,” tuturnya.

Lolowang pun berharap, masyarakat juga dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk dapat menanam bahan pangan atau bahan dapur, sehingga bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. (Risal Kahidopang)