Terus Berjuang, STMS Gelar Peldikdas VII

MANGUNINEWS.COM, Motoling Barat – Demi menunjang kerja-kerja kesenian dan kebudayaan, Sanggar Tumondei Minahasa Selatan (STMS) kembali menggelar kegiatan Pelatihan dan Pendidikan Dasar (Peldikdas) ke-VII. Acara tahunan ini digelar di Desa Tondei Satu, Kecamatan Motoling Barat, Kamis (29/10).

Nita Lumapow, Ukung Tu’a Tondei Satu, dalam sambutannya mengapresiasi kerja-kerja budaya yang sampai hari ini dibuat oleh STMS.

“Selaku pemerintah, tentunya kami mengapresiasi apa yang telah dibuat oleh Sanggar Tumondei ini. Sampai hari ini kami terus menopang kerja-kerja budaya, apalagi tahun ini Tondei so berumur 107 tahun di minggu yang lalu,” ucap Lumapow.

Charly Wongkar, Tonaas Wangko Sanggar Tumondei menyampaikan, peserta yang hadir sekiranya bertahan sampai selesai kegiatan.

“Teman-teman peserta diharapkan untuk bertahan sampe esok. Karena ada banyak pelajaran ato ilmu pengetahuan yang akan torang mo dapa di ini kegiatan,” tutur Wongkar.

Sementara, Febrian Momongan, ketua panitia kegiatan menjelaskan, pendidikan dasar ini adalah syarat untuk para peserta menjadi anggota STMS.

“Sesuai dengan aturan yang ada di STMS, kegiatan ini adalah syarat for peserta untuk menjadi anggota sanggar. Jadi ini kegiatan sampe besok,” jelas mahasiswa yang sementara menimba ilmu di UKIT ini.

Diketahui, agenda ini dihadiri oleh pemerintah Tondei Satu, Vikaris Pendeta Eva Sugeha dan para peserta. Pemateri di hari pertama, Carly Wongkar, Iswan Sual, Sefralen Tumanduk, Fangry Lumowa dan Vicky Aiba. (Tim MN)