Theo Kawatu dan Tony Kullit Akui Steven Kandouw Pantas Pimpin KONI Sulut

MANGUNINEWS.COM, Manado – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw digadang-gadang menjadi Ketua Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Sulut periode 2020-2025.

Hal tersebut mendapat dukungan dari berbagai kalangan. Ketua Harian KONI Sulut, Kolonel Inf Theo Kawatu mengatakan, terkait isu yang beredar bahwa Steven Kandouw akan menahkodai KONI ke depan, merupakan petunjuk dari pimpinan daerah.

“Saya pikir itu sah-sah saja, karena yang pertama itu kan petunjuk dari pimpinan daerah. Kita KONI Sulut menggunakan dana olahraga dari APBD. Dan sejarah KONI Sulut, belum ada orang bukan pemerintah yang memimpin KONI ini,” ujarnya.

Ia mengakui, apabila Kandouw ditunjuk sebagai Ketua KONI Sulut, menurutnya tidak bisa diragukan.

“Beliau pernah Bendahara KONI, Ketua Bridge, saya kira kemampuan dan kredibilitasnya di atas rata-rata. Apalagi beliau sangat hobi dengan olahraga, dia sebagai pimpinan daerah yaitu Wakil Gubernur Sulut, dan saya yakin akan semakin baik KONI ke depan,” ungkapnya.

Senada, Tony Kullit juga mengatakan rekomendasi tersebut sudah tepat.

“Dari informasi yang saya dapat dari teman-teman, pimpinan dan pemerintah merekomendasikan Bapak Steven Kandouw sebagai Ketua KONI Sulut, saya kira sangat tepat. Beliau adalah orang olahraga, maka sudah tidak salah lagi pilihan dari pemerintah, dan saya harapkan dukungan dari teman-teman seluruh cabang olahraga yang ada di Sulut untuk mendukung beliau,” tukasnya.

Kullit yang juga merupakan Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Musyawarah Olahraga Provinsi KONI Sulut menegaskan, siap amankan tanggung jawab dan menjalankan sepenuh sesuai apa yang diharapkan oleh pimpinan dan pengurus KONI lainnya.

“Sebagai ketua saya akan laksanakan sebaik-baiknya. Untuk peserta itu adalah anggota KONI Sulut yaitu pengurus cabang-cabang olahraga, kemudian ada koni kabupaten kota. Jadi total semua kurang lebih ada sekitar 67,” jelasnya.

Penulis: Anugrah Pandey