Tim Buser Polres Tomohon Ungkap Kasus Pencurian Barang Elektronik

393

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Aksi pencuri spesialis barang elektronik teror warga. Keresahan masyarakat ini menjadi tantangan jajaran Polres Tomohon, untuk memberi jawaban dengan tindakan, guna meredam aksi pencurian ini.

Tim Buser Polres Tomohon, pimpinan Bripka Bima Pusung, bergerak cepat dan menjawab keluh masyarakat ini. Salah satu pelaku pencurian spesialis barang elektronik yang biasa melakukan aksinya di beberapa tempat yang ada di Kota Tomohon, berhasil ditangkap.

Jumat (26/6) pukul 23.45 wita, Tim Buser mengamankan PM alias Priski, yang berprofesi sebagai sopir, warga Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, Kota Manado.

“Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat, sehingga kami bisa menangkap pelaku pencurian spesialis barang elektronik, yang sudah meresahkan masyarakat,” ucap Bripka Bima.

“Dengan adanya laporan polisi yang masuk tentang kasus pencurian khususnya barang elektronik oleh beberapa korban, tentunya menjadi tantangan bagi kami, karena pelakunya tidak diketahui,” ujar Bima.

Ia mengaku gembira, karena usaha pengembangan kasus ini membuahkan hasil.

“Kami pun melakukan pengembangan, dengan mencari informasi tentang siapa pelaku pencurian ini. Akhirnya selama beberapa hari melakukan pengembangan, mengarah kepada pelaku,” terang Bima.

Diungkapkan, berdasarkan informasi yang diperoleh, Tim Buser pun menuju ke rumah pelaku di Kelurahan Kleak, dan kemudian melakukan penggerebekan serta mengamankan pelaku yang kebetulan saat itu berada di rumahnya.

“Usai mengamankan pelaku, kami pun melakukan pemeriksaan dan mencari barang bukti. Setelah melakukan pemeriksaan di beberapa tempat, akhirnya berhasil ditemukan barang bukti berupa 1 unit laptop warna hitam merk Dell 11,5 dan 1 buah keyboard hasil curian yang disimpan di dalam mobil avanza warna merah yang diparkir. Ternyata mobil ini juga yang digunakan pelaku dalam melakukan aksinya, sesuai pengakuan pelaku,” jelas Bripka Bima.

Tim Buser kemudian melakukan pengembangan untuk mencari barang bukti lainnya. Menurut Bima, sesuai pengakuan pelaku, telah dijualnya kepada RM alias Royke, warga Kelurahan Kombos Timur, Kecamatan Singkil.

“Dan benar, dari rumah lelaki Royke kami berhasil mengamankan 2 unit TV merk Samsung 55 warna hitam layar datar, 1 unit TV merk Sharp 40 warna hitam layar datar, serta 1 unit laptop merk HP 15 warna silver,” papar Bima.

“Kami selanjutnya membawa pelaku bersama barang bukti ke Polres Tomohon, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sebelum ke Mapolres Tomohon, kami sempat singgah di rumah salah satu warga, yang ada di Kelurahan Wailan, Kecamatan Tomohon Utara, karena sesuai pengakuan pelaku, salah satu babuk TV diambil di rumah tersebut dan pemiliknya belum membuat laporan,” pungkas Bripka Bima.

Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot, S.IK, M.H., mengapresiasi kinerja Tim Buser pimpinan Bripka Bima Pusung, atas pengungkapan pelaku pencurian barang elektronik ini.

“Saya sudah perintahkan kepada seluruh jajaran yang ada, untuk meningkatkan kegiatan kepolisian, dalam mengantisipasi terjadinya kasus pencurian yang sudah meresahkan warga, khususnya di wilayah hukum Polres Tomohon. Dan harus mengungkap siapa pelakunya, karena sudah ada berapa laporan yang dilaporkan warga, baik di Polres maupun di Polsek,” jelas Bambang.

“Terima kasih kepada Tim Buser, yang sudah berbuat dan bekerja, terutama menjawab tuntutan masyarakat, dengan mengamankan pelaku pencurian spesialis barang elektroni ini,” pungkas Bambang.

Terpisah, Kasat Reskrim Iptu Yulianus Samberi, S.IK menjelaskan, pelaku merupakan residivis kasus yang sama. Cara masuknya ke rumah warga, dengan cara mencongkel kunci pintu maupun jendela, dengan menggunakan pahat dan obeng pelat.

“Dari tangan pelaku, berhasil diamankan beberapa barang bukti, berupa 3 unit TV, 2 unit laptop dan charge, keyboard, 1 unit mobil avansa warna merah yang digunakan dalam aksinya, 4 obeng plat dan 1 pahat yang digunakan untuk membobol pintu dan jendela rumah,” tutup Samberi. (Denny Pongayow)