Tim Resmob Amankan Pelaku Pencurian HP di Tomohon Utara

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Tim Resmob Polres Tomohon berhasil mengamankan terduga pelaku pencurian 1 unit HP (handphone), yang terjadi di Kelurahan Kakaskasen Tiga Kecamatan Tomohon Utara, Selasa (28/6/2022).

Diketahui, pelaku FW alias Fernando (31) warga Kelurahan Kamasi, Tomohon Utara dan yang membeli HP berinisial S (44).

Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito, S.I.K, M.H., melalui Kasi Humas AKP Hanny Goni, mengungkapkan kronologi kejadian.

“Pelapor AKT alias Tung yang keseharian berjualan di warung, melayani seorang pembeli laki-laki yang menggunakan kaos hitam, celana hitam dengan postur badan agak gemuk, membeli sebungkus rokok. Tak lama berselang, setelah lelaki tersebut meninggalkan warung milik pelapor, pelapor baru menyadari bahwa HP miliknya yang diletakan di atas meja kasir sudah tidak ada,” ujarnya.

Pelapor kemudian langsung melaporkan ke Polres Tomohon perihal kejadian tersebut.

Berdasarkan Laporan Polisi (LP) yang ada, Unit Resmob di bawah pimpinam Bripka Bima Pusung, langsung melakukan pengembangan dengan melakukan penyelidikan terkait kejadian yang ada.

Dari hasil rekaman CCTV yang ada, Unit Resmob melakukan pengembangan. Selasa (29/6/2022), sekitar pukul 20.00 Wita, Resmob berhasil mengetahui keberadaan dari pelaku. Resmob langsung menuju ke lokasi di mana terduga pelaku berada.

“Resmob langsung mengamankan lelaki tersebut tanpa perlawanan. Setelah dilakukan interogasi, ia mengakui merupakan pelaku yang terekam dalam CCTV yang ada di TKP, dan mengakui kalau dia yang mengambil HP milik pelapor,” ungkapnya.

Lanjut Goni, awalnya pelaku mengatakan kalau barang bukti dijualnya di Kelurahan Tataaran Tondano dengan harga Rp. 700.000 (tujuh ratus ribu rupiah). Namun setelah di lakukan pengecekan, ternyata tidak ada dan pelaku selalu berubah-rubah memberikan keterangan terkait keberadaan barang bukti.

“Akhirnya Resmob melakukan pelacakan dengan menggunakan International Mobile Equipment Identity (IMEI) dari HP yang dicuri tersebut, dan dari hasil pelacakan, Resmob memperoleh lokasi barang bukti tersebut berada di Kampung Jawa, Tomohon Selatan,” katanya.

Resmob pun langsung melakukan pencarian. Kamis (29/6/2022), jam 20.00 Wita, Resmob berhasil mengamankan satu buah HP merek Samsung A20s Hitam dari lelaki S.

“Setelah diperiksa nomor IMEI dari HP yang dikuasai lelaki S, ternyata nomor sesuai dengan IMEI dari HP yang dicuri. Hal tersebut dikuatkan dengan dus dan nota pembelian yang diserahkan oleh pihak pelapor,” ujarnya.

Selanjutnya, pelaku dan barang bukti diserahkan ke Satuan Reskrim Polres Tomohon guna proses lebih lanjut.

Penulis: Denny Pongajow