Tim Resmob Polres Tomohon Ciduk Pelaku Curanik

461

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Tim Resmob Satreskrim Polres Tomohon berhasil menangkap dua tersangka pencurian barang elektronik (curanik), Senin (5/10), sekira pukul 12.00 Wita. GYWR alias Gibo (20), warga Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, dan BVT alias Anli (16), warga Kelurahan Kamasi, Kecamatan Tomohon Tengah.

Kasat Reskrim Polres Tomohon, AKP Constantein Sumuri, S.Sos., mengatakan kasus tersebut terjadi di 3 tempat berbeda, di wilayah hukum Polres Tomohon. Selasa (5/5), sekira pukul 02.00 Wita, di ruang kepala sekolah SMPN 1 Tomohon Kelurahan Talete Dua, Lingkungan II, Kecamatan Tomohon Tengah dan  Jumat (13/3), sekira pukul 03.00 Wita, di SD GMIM IV. Kedua kejadian sudah dilaporkan di Polsek Tomohon Tengah. Kasus lain diketahui dilakukan para tersanga di Ruko Pasar Wilken Tomohon yang belum dilaporkan pemiliknya.

“Tersangka mencongkel pintu kantor di TKP (tempat kejadian perkara), SMPN 1 Tomohon, membongkar jendela TKP SD GMIM 4 Tomohon, dan membongkar pintu Ruko di pasar Wilken Tomohon,” ujar Sumuri.

Katim Resmob Polres Tomohon, Bripka Bima Pusung saat dikonfirmasi, menjelaskan kronologi penangkapan. Menurutnya, kurang lebih 4 bulan Tim Buser melakukan lidik dan pengembangan kejadian pencurian barang elektronik di Tomohon sesuai laporan yang dilaporkan oleh korban. Hasil lidik mengarah pada Tersangka (TSK) GR alias Gibo. Dengan taktik yang digunakan, petugas berhasil memancing TSK Gibo untuk keluar dari persembunyian dan berhasil mengamankannya pada Minggu (5/10), sekira pukul 03.00 wita.

“Hasil interogasi dan pengembangan berhasil mengamankan TSK BVT alias Anli Selasa (5/10), sekira jam 12.00 Wita di rumah pelaku. Setelah menangkap kedua pelaku, Tim Resmob bersama pelaku ke Manado untuk mencari barang bukti yang sudah dijual oleh pelaku. Babuk berhasil diamankan dan tanggal 6 Oktober kedua pelaku bersama babuk diserahkan ke Polsek Tomohon Tengah untuk proses hukum,” kata Pusung.

“GR alias Gibo diamankan di Kelurahan Matani Tiga, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon. Tepatnya di cafe 4.20, kompleks tugu Tololiu Minggu (5/1). BT alias Anli diamankan di Kelurahan Matani, Lingkungan V, Kecamatan Tomohon Tengah, tepatnya di rumah kediaman pelaku,” tambah Pusung.

Sementara, barang bukti yang berhasil diamankan, 1 buah laptop merk HP Core 13 14″ warna abu-abu beserta cars dan dus laptop juga asuransi, 1 buah laptop merk Dell 14” warna hitam beserta cars laptop, speaker merk Tanaka warna hitam, kamera Canon warna hitam, dan 1 unit sepeda motor merk Honda Revo warna hitam DB 2232 GI.

“GR alias Gibo merupakan resedivis kasus yang sama,” tandas Pusung. (Denny Pongayow)