Tim Resmob Polres Tomohon Ungkap Kasus Pencurian di TWA

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Kasus pembongkaran dan pencurian di tempat wisata Taman Wisata Alam (TWA) akhirnya terkuak.

Unit Resmob Sat Reskrim Polres Tomohon berhasil mengungkap dan melakukan penangkapan pelaku serta pengamanan barang bukti. Demikian dikatakan Kasat Reskrim Polres Tomohon, AKP Denny Tampenawas.

Ia pun menerangkan, pada Senin (16/52022), sekitar pukul 12.00 wita, pelapor JP, selaku Kepala Bagian Pemasaran Dinas Pariwisata mendapatkan informasi dari salah seorang petugas kebersihan, bahwa speaker aktif bersama vacum rumput yang biasa diletakan di dalam ruangan atas sudah tidak ada.

“Selanjutnya pelapor mencoba mencari barang tersebut di seputaran, tetapi tidak ditemukan. Begitu juga dengan kabel lampu hias yang biasanya terpasang di taman samping sudah tidak ada. Kemudian JP langsung melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian,” ujarnya.

Tampenawas melanjutkan, setelah menerima laporan dari SPKT Polres Tomohon dengan Nomor LP: LP/B/213/V/2022/SPKT/Polres Tomohon/Polda Sulut tentang adanya pembongkaran serta lencurian yang terjadi di TWA, Tim Resmob langsung merespon laporan tersebut dengan turun langsung ke TKP, guna melakukan penyelidikan serta mengumpulkan bukti petunjuk yang ada.

Sementara, Katim Bima Pusung menjelaskan, berdasarkan informasi dan bukti petunjuk awal, Resmob langsung mengamankan seorang lelaki LI, yang merupakan bekas tenaga cleaning service yang dulunya pernah bekerja di tempat tersebut.

“Kecurigaan awalnya Resmob mendapat informasi bahwa lelaki tersebut pernah mencoba mengambil benda berupa besi bekas yang berada di TKP. Kemudian kami mengamankan handphone milik dari lelaki tersebut dan melakukan introgasi lebih mendalam,” katanya.

Lalu, berdasarkan ketidakcocokan alibi yang dimiliki oleh LI, Resmob lebih memfokuskan penyelidikan kepadanya, hingga pada akhirnya ia tidak dapat mengelak dan mengakui perbuatannya.

“Kemudian hasil dari pengembangan, terkuak salah seorang yang merupakan rekan pelaku berinisial MD turut terlibat pada kejadian tersebut,” ujarnya.

Tidak menunggu lama, Resmob langsung melakukan pulbaket dan berhasil mengetahui tempat persembunyian dari rekan pelaku yang berada di salah satu rumah kost di Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan.

“Setelah dilakukan introgasi, keduanya mengakui perbuatan tersebut yang mana aksi pembongkaran serta pencurian barang barang tersebut para pelaku lakukan pada malam hari sekitar pukul 23.00 Wita,” terangnya.

Kemudian Resmob berhasil mengamankan barang bukti yang disembunyikan oleh para pelaku di seputaran tempat kost milik dari pelaku.

“Situasi saat ini sudah dalam keadaan aman terkendali. Untuk pelaku dan barang bukti telah diserahkan ke piket Reskrim Polres Tomohon, guna pemeriksaan lebih lanjut,” tandasnya.

Diketahui, barang bukti yang diamankan yaitu dua unit speaker aktif huper warna hitam, satu buah alat vacum rumput warna merah putih, kabel dan lampu hias panjang -/+ 20 m, satu buah sepeda motor merek Suzuki Satria FU warna biru DB 2683 BY. Dengan total kerugian Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah).

Penulis: Denny Pongayow