Tim URC Totosik Berhasil Ungkap Sindikat Pelaku Curanik Rumah Tuhan

472

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Maraknya pencurian barang elektronik (curanik) yang dilakukan para sindikat pencurian spesialis pembongkar rumah Tuhan (gereja,red) di Sulawesi Utara (Sulut), membuat pihak kepolisian gencar mengatasi kasus ini.

Kali ini mereka beraksi di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Tomohon yakni, Gereja GMIM Getsmani Lansot dan Gereja Advent Sarongsong.

Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik Polres Tomohon, dibawa pimpinan Kepala Tim (Katim) Bripka Yanny Watung, langsung bergegas untuk mengamankan dua pelaku yakni, lelaki RK alias Kiki (29) sebagai pelaku utama, dan lelaki RR alias Rocky (26).

Watung mengatakan, Rabu (7/10), Tim Totosik berkolaborasi dengan Tim Waruga Polres Minut, berhasil mengamankan Kiki selaku pelaku utama di Desa Nanasi.

Selanjutnya, setelah melakukan interogasi terhadap Kiki, Tim Totosik mendapatkan keterangan tentang pelaku kedua yang berperan sebagai penjual barang hasil curian yaitu Rocky.

Kemudian mereka memfokuskan pencarian terhadap Rocky, dan berhasil mengamankan di rumahnya di desa Poigar Sinonsayang tanpa perlawanan.

“Tim Totosik melakukan penggeledahan rumah dan berhasil mengamankan beberapa barang bukti antara lain, speaker aktif, mixer beserta mic,” ujarnya.

Lanjut Watung, keesokan harinya Tim Totosik melakukan interogasi untuk menggali keberadaan barang-barang lainnya, dan akhirnya mendapatkan pengakuan dari Rocky.

“Setelah itu, melanjutkan pencarian barang bukti berupa Keybord PSR 750, yang berhasil diamankan di Desa Paslaten, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa. Dan dilanjutkan dengan Mixer Yamaha warna hitam yang diamankan di desa Poigar, tepatnya di rumah Rocky,” ungkap Watung.

“Kamis (8/10) Tim bergerak ke Rumoong, Minsel, dan berhasil mengamankan satu buah Mixer Yamaha warna hitam dari lelaki EL,” tandasnya.

Selanjutnya, Tim Totosik kembali ke kota Tomohon melakukan konsolidasi, dan menyerahkan tersangka beserta barang bukti ke Unit Reskrim Polres Tomohon.

(Anugrah Pandey)