Tomohon Zona Merah, Wilar Minta Penjelasan Pasti

Boaz Wilar

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Kota Tomohon telah ditetapkan sebagai salah satu wilayah zona merah Covid-19, status itu memantik pemerintah maupun masyarakat untuk bersikap.

Salah satu warga Kota Tomohon, Boaz Wilar mengatakan, hari ini Senin (11/5), hampir semua lorong ditutup dan ada yang memasang posko pemeriksaan pencegahan Covid-19.

“Pada prinsipnya harus mendukung demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tomohon,” kata Wilar.

Namun, diakui masih banyak anggota masyarakat dibingungkan dengan penetapan zona merah Kota Tomohon.

“Bahkan kabupaten tetangga pun mengeluarkan surat edaran, untuk dapat menghindari daerah Manado dan Tomohon kecuali ada hal yang penting,” ujar Wilar.

Menurutnya, Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Tomohon, harus menjelaskan secara pasti dan bukan normatif belaka, terkait penetapan Kota Tomohon sebagai wilayah yang dianggap zona merah.

“Kajian dan telaahnya, apakah sekedar menjawab rasionalitas, kelogisan belaka?” ungkap Wilar.

Ia mempertanyakan, mampukah memberikan jawaban kecenderungan prevalensi penyebaran Covid-19 di Kota Tomohon atau perhitungan insidensi terhadap risiko, jika memperhatikan data yang ada saat ini.

“Sehingga masyarakat tidak terbawa ketakutan yang tidak beralasan, dan tidak melakukan tindakan yang berlebihan,” tandasnya. (Anugrah Pandey)