Totosik Amankan Pelaku Penganiayaan di Paslaten Satu

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Laporan masyarakat soal adanya dugaan tindak pidana (TP) penganiayaan yang terjadi di Kelurahan Paslaten I, kompleks pabrik es batu, langsung direspon Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik Kepolisian Resor (Polres) Tomohon.

Bersama Reskrim Kepolisian Sektor (Polsek) Tomohon Tengah, yang dipimpin Kepala Unit (Kanit) Reskrim Polsek Tomohon Tengah, Ipda Simon Wendersteyd bersama piket SPKT Talete 10 yang dikomandoi padal Ipda Johan Motulo selaku Kanit Intelkam Polsek Tomohon Tengah, langsung menuju lokasi, Kamis (30/4), sekitar pukul 17.00 Wita.

Sampai di Tempat Kejadian Perkara (TKP), petugas mendapati benar telah terjadi TP penganiayaan terhadap seorang lelaki, inisial SR (50), warga Samofa, Kabupaten Biak Numfor Papua.

Tim kemudian mengamankan seorang lelaki yang diduga sebagai pelaku, berinisial SB (52), warga Paslaten I Lingkungan VI, Kecamatan Tomohon Timur.

Kepala Tim (Katim) Totosik, Bripka Yanny Watung saat dikonfirmasi awak media, menjelaskan kronologi dari kejadian tersebut.

“Awalnya korban terlibat adu mulut dengan istri pelaku, perempuan inisial JY (45), warga Kelurahan Paslaten I, Lingkungan VI Kecamatan Tomohon Tengah,” kata Watung.

“Dalam adu mulut, korban SR sempat menampar perempuan JY dan mengenai pada wajah bagian bibirnya. Tidak terima dengan perlakuan lelaki SR, perempuan JY menyuruh anaknya untuk memanggil SB, yang adalah suaminya. Sesampainya di rumah, pelaku SB langsung menanyakan alasan mengapa korban SR memukul istrinya. Terjadi adu mulut, sehingga korban emosi dan memukul kaca rumah dengan tangan,” terang Katim.

Akibatnya tangan korban mengalami luka sobek pada jari tangan kanan. Kemudian korban lari ke dalam kamar dan mengambil senjata tajam jenis pisau penusuk dan mengejar pelaku sampai keluar rumah.

“Kemudian pelaku SB lari dan mendapati sebuah kayu yang berada di luar rumah, mengambil dan memukul ke arah korban SR dan mengenai pada kepala bagian depan korban. Korban kemudian mengalami luka sobek pada dahi dan harus mendapatkan perawatan di RS (Rumah  Sakit, red) Bethesda Tomohon,” terang Watung.

Lebih lanjut dijelaskan Katim, sesudah kejadian itu, keduanya langsung dilerai oleh tetangga. Bertepatan dengan kejadian tersebut, Tim Totosik dan piket dari Polsek Tomohon Tengah sudah berada di TKP dan mengamankan pelaku ke mako Polsek Tomohon Tengah untuk diselidiki lebih lanjut.

“Untuk korban, langsung diarahkan ke RS Bethesda sebelum menggelar laporan,” pungkas Watung.

Dari pantauan, barang bukti yang diamankan berupa sebilah pisau penusuk milik dari korban lelaki SR dan sebuah kayu dengan panjang kira-kira 50 cm, yang digunakan lelaki SM. (Denny Pongayow)