Totosik-UPRC Polres Tomohon Tangkap Puluhan Pelaku Balap Liar

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Selasa (2/2/2021), sekira jam 01.30 Wita, saat Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik Polres Tomohon sedang patroli, Tim mendapat informasi dari masyarakat bahwa sedang terjadi aksi balap liar di ruas jalan Tumatangtang- Pinaras, Kompleks RS. Anugerah Tomohon.

Merespons informasi masyarakat, Tim Totosik dikomandoi Kepala Tim (Katim) Aipda Yanny Watung, langsung bergerak menuju lokasi.

Saat sampai di lokasi, kelompok anak muda yang melakukan aksi balapan liar langsung melarikan diri. Tim URC Totosik kemudian berkolaborasi dengan Personil Rayon Sat Sabhara Polres Tomohon, melakukan pengembangan dengan menutup jalur yang akan dilewati oleh pelaku balap liar.

“Penutupan jalan sekaligus penghadangan yang dilakukan tim Totosik dan Unit Patroli Reaksi Cepat (UPRC) Rayon Sat Sabhara Polres Tomohon. Tim UPRC Sat Sabhara melakukan penutupan atau penghadangan dari arah jalan raya samping Mapolres Tomohon, sedangkan Team URC Totosik menghalangi di jalan raya Woloan-Pinaras, depan Gereja GMIM Eben Heazer Woloan,” kata Watung.

“Aksi penutupan dan penghadangan yang dilakukan Team URC Totosik bersama Personil UPRC Rayon Sat Sabhara Polres Tomohon berhasil dan mengamankan para pemuda beserta sepeda motor (R2) yang mereka gunakan balap liar di ruas jalan Pinaras – Woloan dan selanjutnya diamankan ke Mapolres Tomohon dengan barang bukti 13 unit kendaraan bermotor dan 26 Unit Handphone (HP)”, ucap Watung

“Para pelaku balap liar, setelah diinterogasi mengakui perbuatan mereka. Yang diamankan 28 orang anak muda. 27 laki-laki dan 1 perempuan. Mereka berasal dari Kelurahan Woloan, Kecamatan Tomohon Barat, Desa Tondegesan, Kawangkoan dan Tondano, Kabupaten Minahasa,” tambah Watung.

Selesai diinterogasi, Katim Totosik menjelaskan kronologi singkat terjadinya balap liar tersebut. “Cara kelompok pemuda yang berasal dari beberapa daerah bertemu dan melakukan balap liar dan menonton di lokasi kegiatan, melalui informasi di media sosial Facebook Grup Balap Liar Tomohon,” jelas Watung.

Penulis : Denny Pongajow