Truk Tronton Versus X Ride, Warga Sonder Tewas di Tempat

MANGUNINEWS.COM, Sonder – Kamis (29/10), sekira pukul 05.50 Wita, terjadi kecelakaan lalulintas (laka lantas) di ruas jalan Desa Tounelet, Kecamatan Sonder, tepatnya di tikungan gereja Advent Sonder.

Data petugas Kepolisian Resort (Pores) Tomohon menyebutkan, kendaraan yang mengalami laka lantas, sepeda motor (R2) Yamaha X Ride warna biru hitam DB 2618 BX, yang dikendarai oleh lelaki RHL alias Ray (39), karyawan swasta asal Desa Kauneran Satu, Kecamatan Sonder, dengan kendaraan truck Nissan Tronton DB 8370 QC yang bermuatan 22 ton pakan ternak. Truk kontainer itu dikemudikan lelaki AI Alias Alpo (45 tahun), warga Madidir Unet, Kecamatan Madidir, Bitung.

Diketahui, pengendara kendaraan R2 meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP) dengan luka parah di bagian kepala dan badan akibat terseret R4 Nissan Tronton bermuatan kontainer berisi 22 ton pakan ternak.

Berdasarkan keterangan saksi Jemmy Pajow (39), warga Desa Tounelet, Kecamatan Sonder, saat itu ia sedang berolahraga pagi, tepatnya di ruas jalan Tounelet, Kecamatan Sonder menuju arah Kolongan Atas. Kemudian saksi melihat mobil Nissan Tronton dari arah Kolongan Atas menuju ke arah Tounelet.

“Saya sempat mengangkat tangan sebelah kanan sambil berteriak. ‘Woi, plang-plang jo, jurang di bawah’. Namun mobil Nissan Tronton itu tidak dapat menahan laju kendaraan,” kata Pajow.

Saksi lain, ibu rumah tangga bernama Nouke Loloang (50), warga Tounelet, menyebutkan ia melihat mobil Nissan Tronton melintas di depan rumahnya dengan cepat menuju arah Tounelet.

“Saya sempat berteriak, talalu capat ngoni,” ujarnya.

Keterangan juga disampaikan saksi Adolof Pajou (53), warga Tounelet. Menurutnya, ia sempat mendengar bunyi tabrakan persis di samping rumahnya.

“Pas saya keluar rumah, saya melihat korban sudah tergeletak di selokan samping rumah saya dalam keadaan meninggal dunia. Sedangkan mobil Nissan Tronton yang bermuatkan kontainer sudah terguling dan menutupi ruas jalan,” ungkapnya.

Tersangka (TSK) sudah diamankan di Polres Tomohon dan jenazah korban langsung dibawa ke ruang jenazah Rumah Sakit Bethesda Tomohon. Informasi yang diperoleh, saat ini jenazah sudah disemayamkan di rumah duka. (Denny Pongayow).