Tulude, Joune Ganda Apresiasi Warga Keturunan Nusa Utara di Minut

155

Kemeriahan mewarnai pesta adat Tulude yang digelar di Desa Munte, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sabtu (8/2).

Ribuan masyarakat Minut yang berdarah Nusa Utara, tumpah ruah dalam acara ritual adat yang rutin digelar setiap tahun ini.

Joune Ganda selaku ketua umum panitia dari acara yang dilaksanakan oleh Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Sangihe Talaud (BAMUSKISST) itu, dalam sambutannya berpesan bahwa pesta adat Tulude merupakan warisan leluhur yang harus dijaga kelestariannya.

“Ini adalah tradisi turun temurun nenek moyang kita sebagai bentuk ucapan syukur atas segala kebaikan Tuhan selama tahun 2019, dan memohon tuntunannya dalam perjalanan tahun 2020,” ujarnya.

“Secara pribadi, saya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan saudara-saudaraku, manga gahgurang, tuari, Iakang kepada saya sebagai Ketua Umum Panitia Pelaksana Tulude tahun 2020,” ucapnya.

Dia pun melanjutkan, menjadi ketua umum panitia pelaksana Tulude tahun 2020, menjadi sebuah kesempatan bagi dirinya untuk mengenal lebih dekat budaya, tradisi bahkan kehidupan secara menyeluruh saudara-saudaranya warga Nusa Utara yang menetap di kabupaten Minahasa Utara.

“Lewat pesta adat Tulude tahun 2020, saya menyadari betapa pentingnya partisipasi warga keturunan Nusa Utara dalam pembangunan di kabupaten Minahasa Utara bahkan di Provinsi Sulawesi Utara di masa-masa mendatang,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua BAMUSKISST Edwin Silangen, Ketua DPRD Minut Denny Lolong, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Bupati Minahasa Selatan Cristiany Euginia Paruntu, Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong, dan Kapolresta Minut Grace serta anggota DPRD Sulut Berty Kapojos. (Eka Egeten)