Ukur ITKO, Polres Tomohon Libatkan Berbagai Elemen Masyarakat

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Kepolisian Resor (Polres) Tomohon menggelar kegiatan pengukuran Indeks Tata Kelola Kepolisian Online (ITKO). Agenda ini digelar di ruang rapat Polres Tomohon, Jumat (12/6), sekitar pukul 09.00 Wita.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tomohon, AKBP Bambang Ashari Gatot S.IK., M.H., dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan ITKO merupakan bagian dari tuntutan zaman, dimana Polri dituntut untuk mampu mengembangkan diri dan bisa berinovasi dengan profesional serta handal dalam melaksanakan tugas.

“Perkembangan zaman dan dinamika kehidupan yang ada saat ini, Polri dituntut untuk bisa menjawab kebutuhan masyarakat, yakni terciptanya keamanan dan ketertiban,” kata Gatot.

Lanjut Kapolres, kegiatan ITKO juga akan menjadi suatu landasan dalam mengambil tindakan ketika menjalankan tugas.

“ITKO ini juga akan menjadi landasan bagi pengambilan kebijakan berdasarkan bukti dan alat perbandingan kinerja yang adil, objektif dan akurat berdasarkan 7 prinsip good governance (pemerintahan yang bagus, red),” jelasnya.

Kapolres juga berharap, dengan dilaksanakan kegiatan tersebut masyarakat dapat memberikan saran dan masukkan serta pendapat yang positif berdasarkan fakta dan hati nurani, demi kemajuan institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri), khususnya Polres Tomohon.

“Polri berasal dari, oleh dan untuk rakyat, untuk itu sumbangsih masyarakat sangat dibutuhkan demi kemajuan Polri ke depan dan dalam rangka pencapaian program reformasi birokrasi Polri,” harap Gatot.

Di momen itu, Kapolres juga mengibau sekaligus mengajak kepada seluruh masyarakat agar menjaga kesehatan dengan menjaga pola hidup sehat, penuh keceriaan dan laksanakan protap kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Forkompimda Tomohon, DPRD Kota Tomohon, akademisi, LP2S, FPKLK, tokoh masyarakat, LSM dan audiens masyarakat (eksternal) serta personil Polres Tomohon (internal). (Denny Pongayow)