Usai Diaktifkan Kembali, Panwaslucam Lantik Personel PKD se-Minahasa

176

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Seluruh personel Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) se-Minahasa kembali diaktifkan guna mengawasi tahapan lanjutan pilkada serentak. Pengaktifan terhitung mulai Sabtu (13/6).

Usai diaktifkan, Panwaslucam melantik seluruh personel Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) di tiap kecamatan, Minggu (14/6). Pelantikan pun dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Total yang dilantik adalah 270 PKD yang tersebar pada seluruh kelurahan dan desa di Minahasa,” kata Koordinator Divisi SDM dan Datin Bawaslu Minahasa, Donny Rumagit.

Ditambahkan Rumagit, sebelum diaktifkan lagi, seluruh personel Panwaslucam dicek kembali apakah masih memenuhi syarat atau tidak. Seperti halnya terkait netralitas yang dipastikan tak tergabung dalam partai politik (Parpol).

“Kalau PKD telah diperintahkan ke Panwaslucam untuk melihat kembali track record soal syarat, terutama mengenai netralitas,” kata Rumagit.

Sementara Ketua Bawaslu Minahasa, Rendy N.S. Umboh berharap kepada seluruh Panwaslucam dan PKD agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya meski dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

“Harus waspada, awas dan mawas untuk hidup dalam suasana normal baru. Di mana suatu keadaan dengan tatanan yang baru, caranya makan makanan sehat, jaga kondisi dan stamina, berpikiran sehat dan waras,” tegasnya.

Umboh juga berharap, seluruh ‘pasukan pengawas’ di Minahasa untuk hidup dengan penuh kehati-hatian.

“Tetap semangat, hidup sehat dan pakai hikmat,” pungkas Umboh. (Kelly Korengkeng)