Wakefest Minahasa 2023 Sukses Digelar, Bupati Kumendong Apresiasi Kerja Keras Masyarakat Minahasa

MANGUNINEWS.COM, Minahasa – Kejuaraan Asia series Wakefest Minahasa 2023, International WakeSurf and Wakeboard Federation resmi ditutup, pada Minggu (26/11).

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 24-26 November 2023, berlangsung sukses dan semarak serta menyita perhatian masyarakat Sulawesi Utara dan Minahasa khususnya.

Para atlet dari dalam dan luar negeri berlomba sembari mempertontonkan kemahiran dalam berselancar di atas Danau Tondano.

Mengusung tema Lake Tondano Home for Everyone, kegiatan tersebut dibuka dan ditutup secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Utara, Prof Dr (HC) Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw dan Ketua Panitia Pelaksana Rio Dondokambey, bertempat di Danau Tondano, Tonsaru, Minahasa. Turut hadir pada kegiatan ini Ketua TP-PKK Sulut Ny Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Sekretaris Ny Kartika Devi Kandouw-Tanos, unsur Forkopimda Sulut dan Minahasa serta jajaran Pemprov dan Pemkab Minahasa.

Gubernur Olly menyampaikan apresiasi atas dukungan Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy J Tangka dan Presiden IWWF Thomas Liem.

Gubernur Olly juga mengungkapkan terimakasih kepada masyarakat Minahasa atas sukses terselenggaranya event Wakefest Minahasa 2023.

Gubernur mengatakan acara yang berlangsung di Danau Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara ini sukses menarik perhatian warga lokal maupun internasional.

“Tentunya apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat Sulawesi Utara khususnya Minahasa karena sudah bekerja keras dalam mensukseskan acara ini,l karena Danau Tondano menjadi lokasi kejuaraan Internasional ini dan para tamu serta atlit tampak senang bisa berada disini,” ucap Gubernur Olly.

Gubernur Olly menambahkan, hal ini menjadi pengalaman berharga, karena kejuaraan seperti ini baru pertama digelar di Sulawesi Utara dan berlangsung sukses. Diketahui para peserta yang hadir berasal dari Japan, Thailand, Cina Taipei dan Singapura.

Penjabat Bupati Minahasa Jemmy Kumendong didampingi Ketua TP-PKK Minahasa, Ny Djeneke Kumendong-Onibala SH MSA dan Sekretaris Daerah (Sekda) Lynda Watania sebagai tuan rumah menyampaikan rasa terimakasih kepada para peserta, official, dan seluruh undangan serta masyarakat yang hadir pada kegiatan Wakefest Minahasa 2023 di Danau Tondano.

“Selaku pemerintah Kabupaten Minahasa bersyukur kepada Tuhan da n menyampaikan terimakasih kepada IWWF, Kementerian Parekraf, Pemerintah Provinsi serta masyarakat yang selalu hadir dan berbondong-bondong dalam mendukung dan ikut mensukseskan kegiatan ini,” ungkap Bupati Kumendong.

Ditambahkan Bupati, lewat kegiatan ini berbagai manfaat multiplier effect bisa dirasakan Pemerintah dan masyarakat, baik dari segi perekonomian maupun sektor pariwisata di Kabupaten Minahasa.

“Lewat kegiatan Wakefest Minahasa 2023, memberikan kesan positif kepada para Atlit maupun pengunjung dari luar negeri tentang keindahan alam, kuliner, budaya dan keramahan masyarakat Minahasa,” harap Bupati.

Terpantau sejak hari pertama ribuan warga Minahasa tumpah-ruah di lokasi kegiatan pesisir Danau Tondano yang menjadi destinasi pariwisata baru di Minahasa. Sebanyak 50 tenda kuliner turut meramaikan dan menyemarakkan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari.

Di akhir kegiatan, Gubernur Olly, Wagub Kandouw, Bupati Jemmy Kumendong dan para tokoh lainnya ikut menyerahkan cenderamata kepada Official dan medali kepada para atlit di Podium kehormatan.

Selanjutnya pada malam hari, Bupati Kumendong menjamu para tamu di Rudis Bupati dalam bentuk doa syukur dan farewell party. (Advetorial)