Walau Diguyur Hujan Lebat, Bupati Landjar Tetap Giat Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19

MANGUNINEWS.COM, Nuangan – Diguyur hujan lebat, tak menyurutkan langkah Bupati Sehan Landjar untuk terus melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19.

Itu terlihat saat ia melakukan sosialisasi dan edukasi tentang ancaman Covid-19 di Desa Nuangan, Kecamatan Nuangan, Senin (20/4). Bupati Sehan yang berdiri di atas mobil, sempat diguyur hujan lebat tetapi ia tampak lebih bersemangat untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Menurutnya, walaupun di bawah siraman hujan maupun di tengah terik matahari, berjalan sampai pada malam hari, dirinya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya penyebaran Covid-19.

“Selain merupakan tanggung jawab, upaya ini dilakukan karena saya sangat menyayangi seluruh masyarakat Boltim. Biarlah saya yang sakit, asalkan rakyatku semuanya sehat,” jelas pria yang akrab disapa Ami Eang ini.

Usai melakukan sosialisasi di Desa Nuangan Bersatu, tepatnya pukul 18.30 Wita, Bupati Sehan Landjar melanjutkan kembali kerjanya di Desa Iyok. Sebelum melaksanakan sosialisasi, Bupati bersama tim diajak mampir olah salah satu tokoh masyarakat yang berada di bilangan Pasar Iyok, yang dikenal dengan Pak Tamar atau lebih akrab disapa Papa Ira.

Menariknya, ketika masyarakat mengetahui adanya kehadiran orang nomor satu Boltim, dengan serentak warga Desa Iyok berbondong-bondong datang untuk mendegarkan edukasi atau sosialisasi yang disampaikan oleh Bupati. Sembari meneguk secangkir kopi secara perlahan, Bupati menjelaskan kepada masyarakat soal adanya bahaya penyebaran Covid-19. Ancaman itu saat ini sedang terjadi, sehingga masyarakat diminta untuk menaati imbauan dari pemerintah.

Usai melakukan sosialisasi di Desa Iyok, tapat pukul 21.00 Wita, Bupati bersama tim kembali bergerak menuju ke Desa Loyow untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di sana, sampai pukul 01.00 Wita.

Dalam sosialisasinya, Bupati Sehan Landjar menegaskan kepada masyarakat seperti apa bahaya penyebaran Covid-19. Warga pun diimbau untuk dapat berdiam diri di rumah. “Jika tidak penting untuk keluar, sebaiknya berdiam diri saja di rumah,” jelas Ami Eang.

Selain itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk taat menggunakan masker, apa lagi ketika berada di luar rumah dan pada saat berkendaraan, rajin cuci tangan dan selalu menjaga jarak, terutama bagi masyarakat yang baru datang dari luar daerah.

Dijelaskannya, dengan adanya penyebaran Covid-19, tentunya hal itu sangat berdampak terhadap pendapatan masyarakat. Untuk itu selaku Kepala Daerah ia telah menyiapkan bantuan berupa beras premium, minyak goreng, gula pasir, ikan kaleng dan ada juga uang tunai yang dalam waktu dekat akan segera disalurkan.

Terkait adanya bantuan uang tunai, proses penyalurannya melihat kondisi masyarakat. Mana yang berhak menerima uang tunai dan mana yang berhak menerima bantuan berupa bahan. Mana masyarakat yang menerima uang tunai berarti mereka tidak lagi menerima bahan berupa beras, gula pasir, minyak goreng dan ikan kaleng.

“Selain adanya penyaluran bahan pokok dan uang tunai, ada juga penyaluran program bantuan uang tunai bagi masyarakat lanjut usia dan disabilitas,” jelas Bupati Landjar.

Turut mendampingi Bupati Sehan Landjar saat melakukan sosialisasi di beberapa desa tersebut, di antaranya Kepala Dinas Kominfo Hamdi Egam, Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Muhdar Mokoagow, Camat Nuangan Sinyo Mamonto, Sangadi Nuangan Bersatu, Sangadi Iyok, Sangadi Loyow, Babinsa.

Hadir juga seluruh insan pers pos liputan Boltim, baik media cetak maupun elektronik yang setia terus mendampingi langkah sang “Motivator” Bupati Sehan Landjar dalam melaksanakan sosialisasi tentang adanya bahaya penyebaran Covid-19.

Diketahui, saat ini Bupati Sehan Landjar melalui Dinas Ketahanan Pangan di bawah komando Kepala Dinas Kisman Mamonto, terus mematangkan persiapan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang dalam waktu dekat ini akan segera dilaksanakan. (Adve/Pusran Beeg)