Warga Lansot Terima Bansos Pemkot, Plus Daging Dari Kelurahan

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – 333 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Lansot, Kecamatan Tomohon Selatan, terima bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, Rabu (29/4).

Selain penerima bansos, di Kelurahan Lansot ada juga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Program Beras Sejahtera (Rastra) 5 keluarga, KPM sembako pemerintah pusat 125 keluarga, serta KPM untuk Program Keluarga Harapan (PKH) 91 keluarga.

Hal itu dikatakan Lurah Lansot Henny I. A. Bororing, saat memantau langsung penyaluran bansos tersebut.

“Di Kelurahan Lansot, dengan jumlah total 808 KK, yang berhak menerima bansos dari Pemkot Tomohon sebanyak 333 KK. Dan untuk penerima KPM rastra berjumlah 5 orang, KPM sembako pemerintah pusat 125 orang dan KPM PKH 91 orang,” kata Bororing.

Untuk mengantisipasi ada warga yang tidak terakomodir, Bororing mengaku jika ia mengambil kebijakan khusus.

“Tetapi kami dari Kelurahan Lansot, lebih khusus saya pribadi (Lurah) mengantisipasi dengan menyediakan bahan pangan berupa daging, bagi warga masyarakat yang tidak terakomodir. Kami telah menyiapkan sebanyak 17 paket. Penyaluran bansos dari Jaga 1 sampai Jaga 8,” ujarnya.

“Perlu diketahui, penerima bantuan masing-masing dapat beras 6 Kg, minyak kelapa 3 Kg, gula 1 Kg dan telur 12 butir,” ucap Bororing.

Ia mengungkapkan, sangat bersyukur karena di Kelurahan Lansot ada anggota masyarakat yang menyumbang daging ayam, jadi setiap paket dapat tambahan 1 Kg ayam di luar paket yang ada.

“Untuk menghindari kerumunan warga, penyaluran bansos dilakukan dengan membawa langsung ke rumah-rumah penerima oleh Lurah, Perangkat Kelurahan, dan Linmas,” terang Bororing.

Sementara itu, Pemkot Tomohon melalui Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Jerry Sundah, SE menjelaskan jika para penerima bantuan sesuai kriteria yang telah ditetapkan pemerintah.

“Bansos kepada masyarakat, lebih khusus Kelurahan Lansot, perlu diketahui data yang ada ini kami telah klarifikasi dari Dinas Sosial. Dan yang berhak menerima tentunya mereka yang tidak sebagai keluarga penerima PKH, KPN, ASN, Polri. Jadi sesuai kriteria yang ada,” jelasnya.

Sundah pun mengapresiasi pemerintah Kelurahan Lansot, termasuk Lurah yang telah mengambil kebijakan dalam mengantisipasi warga yang belum tercover bantuan dari Pemkot.

“Apresiasi buat Lurah Lansot, karena mengantisipasi keluarga-keluarga yang tidak tercover, sudah disediakan pengadaan secara sendiri dan sudah menambahkan daging 1 Kg di luar paket yang ada,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, untuk Kota Tomohon, bantuan yang nantinya akan disalurkan di 44 kelurahan ada 14.205 KK. Jadi masih dimungkinkan ada keluarga-keluarga yang tidak tercover untuk didata.

“Pemerintah Kota Tomohon mengantisipasi agar supaya keluarga-keluarga penerima ini semuanya kebagian. Penyalurannya diadakan untuk bulan April dan Mei. Ada kemungkinan untuk bulan Mei akan ketambahan daging,” ungkap Sundah.

Ia pun mengimbau, warga masyarakat selalu mendengarkan anjuran pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid -19.

“Semua pihak diimbau saling mendukung dalam menghadapi virus corona (Covid-19). Pemerintah meminta masyarakat tetap menjaga pola hidup sehat. Dan dalam rangka menghadapi dampak pandemi global ini, bantuan sosial disiapkan untuk membantu warga terdampak. Ini sebagai stimulus supaya tetap semangat,” pungkas Sundah.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan ini, Ketua DPRD Kota Tomohon, Camat Tomohon Selatan, Lurah Lansot, Danramil, Kapolsek Tomohon Selatan, Inspektorat Kota Tomohon, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Linmas dan Perangkat Kelurahan Lansot. (Denny Pongayow)