Warga Minahasa Dimakamkan Sesuai Prosedur Covid-19

MANGUNINEWS.COM, Lembean Timur – Selasa (28/4), satu warga Kabupaten Minahasa dimakamkan dengan prosedur penanganan jenazah Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Asisten Pemerintah dan Kesra Kabupaten Minahasa, Denny Mangala.

“Sesuai rekomendasi dokter dari RSUD Malalayang bahwa pasien asal Lembean Timur, Kabupaten Minahasa ini harus dimakamkan mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya.

Hal ini langsung ditindaklanjuti oleh Posko Pemakaman Covid-19 Kabupaten Minahasa, dengan melakukan koordinasi bersama semua yang terkait dalam posko tersebut.

“Termasuk koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa, serta mempersiapkan APD (Alat Pelindung Diri) untuk proses pemakaman,” jelasnya.

Semua proses tersebut berjalan lancar dan tidak ada penolakan masyarakat.

“Karena itu, Pemda Minahasa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. Baik TNI, Polri, aparat kecamatan maupun desa yang sudah turut membantu kelancaran proses pemakaman tersebut. Terima kasih juga kepada masyarakat yang ikut memberi dukungan bagi kelancaran proses pemakaman,” ucap Mangala.

Dari informasi yang diperoleh, petugas pemakaman yang menjadi relawan, dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Minahasa yang dibantu warga.

Usai pemakaman, APD yang digunakan oleh para petugas pemakaman langsung dimusnahkan dengan cara dibakar. (Kelly Korengkeng)