Warga Minta Program Peningkatan Ruas Jalan Perkebunan Tungow

142

MANGUNINEWS.COM, Tutuyan – Tungow adalah salah satu areal perkebunan yang berada di wilayah Desa Togid, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Wilayah ini merupakan areal perkebunan yang subur dan sangat cocok untuk ditanami berbagai tanaman bulanan, maupun tahunan seperti jagung, cengkih, pala dan berbagai tanaman lainnya.

Untuk menuju wilayah perkebunan Tungow tersebut, umumnya para petani harus menggunakan kendaraan roda dua karena ruas jalan yang ada belum tersentuh dengan program pengaspalan atau baru sebatas pengerasan. Sementara bila musim penghujan tiba, ruas jalan yang ada sulit untuk dilalui, terutama pada posisi tanjakan.

Menurut warga, ada kendaraan roda empat yang dapat digunakan untuk melalui ruas jalan tersebut, namun hanya sebatas kendaraan 4WD, yang berpenggerak roda depan dan belakang.

Sementara untuk kendaraan roda empat yang bukan 4WD, hanya bisa melalui ruas jalan tersebut apa bila musim panas. Itu juga tergantung keberanian pengemudinya.

Guna mengetahui wilayah tersebut, wartawan media ini berupaya menyusuri ruas jalan Tungow, untuk melihat dari dekat keberadaan ruas jalan maupun areal perkebunan itu. Dengan perlahan dan penuh kehati-hatian, awak media ini terus melintasi kondisi ruas jalan tersebut hingga sampai di areal perkebunan.

Sesampainya di areal perkebunan, nampak terlihat hamparan tanaman yang menghiasi perkebunan yang ada, baik tanaman jagung, cengkih, pala dan berbagai tanaman lainnya.

Melihat potensi, dan adanya aktivitas mayarakat petani di wilayah perkebunan Tungow yang belum didukung dengan adanya ruas jalan yang memadai, salah satu warga petani yang akrab disapa Bang Alil, ketika bersua dengan awak media ini sempat bersuara. Ia menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Daerah Boltim, melalui instansi teknis terkait agar kiranya dapat mengalokasikan program perbaikan peningkatan ruas jalan perkebunan Tungow, guna menunjang kelancaran aktivitas petani, terutama ketika hendak mengangkut berbagai hasil panen.

“Kami berharap adanya perbaikan peningkatan ruas jalan perkebunan Tungow guna menunjang kelancaran aktivitas masyarakat petani, terutama ketika hendak mengangkut hasil-hasil panenan. Baik jagung, cengkih maupun hasil panenan lainnya,” ujarnya berharap. (Pusran Beeg)