Warga Sekitar KTJ Bonang Sempat Ketakutan Dikunjungi Anggota Ditresnarkoba PMJ

MANGUNINEWS.COM, Jakarta – Ketua Rukun Warga (RW) 15, Kelurahan Bojong Nangka (Bonang), Kelapa Dua, Tangerang, tempat berdirinya Kampung Tangguh Jaya (KTJ) yang diinisiasi Ditresnarkoba Polda Metro Jaya Tato Supriyanto mengatakan awalnya warganya sempat merasa panik dan ketakutan ketika kampungnya ‘digeruduk’ tim dari Ditresnarkoba Polda Metro Jaya yang dipimpin AKBP Awalludin Amin.

“Sebelum Kampung Tangguh berdiri, tim dari Narkoba Polda datang ke sini. Banyak warga yang panik dan ketakutan. Karena masa Pandemi dan banyak polisi narkoba yang datang,” katanya di Tangerang, Jumat (26/2/2021).

Waktu berjalan rasa ketakutan warga perlahan berubah. Perlakuan anggota Ditresnarkoba PMJ di Bonang mrmbuat warga nyaman dan dengan mudah membuka diri untuk bekerja sama menjalankan upaya untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Setelah para polisi ini berinteraksi dengan wajah yang penuh senyum dan perilaku yang ramah, warga jelas jadi nyaman. Saya apresiasi upaya para penegak hukum ini. Ini juga mengungkap sisi lain polisi yang jarang diketahui warga. Ternyata polisi Narkoba itu ramah dan baik hati,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, warga semakin nyaman menerima karena Tim dari Polda Metro datang tidak hanya dengan kata dan imbauan belaka. Tim dari PMJ datang membawa banyak bantuan untuk warga. Dari sarana dan prasarana, juga pelatihan swab antigen.

“Tim dari Polda datang dan mengambil tindakan yang riil. Mereka datang menyediakan sarana dan prasana. Bawa logistik untuk sarana kesehatan. Warga di sini 3.800 tapi mereka datang bawa 5.000 buah alat swap antigen, APD, Masker dan lainnya. Polisi juga bangun ruang isolasi, media centre bahkan kios masker. Polisi juga membagikan masker ke tiap RT, mereka door to door,” katanya.

“Mereka juga datang melakukan pelatihan swap antigen bagi para relawan yang bahkan tidak punya latar belakang dunia medis. Ini sangat kami butuhkan. Karena jika berharap semua warga tes di puskes dan faskes lain, banyak warga yang ekonominya menengah ke bawah. Tak hanya itu, antrian panjang di faskes juga buat warga enggan. Dengan pelatihan, kini relawan bisa melakukan tes swab antigen untuk warga,” paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kunjungi Kampung Tangguh Jaya yang ada di RW 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Kampung Tangguh Jaya tersebut diinisiasi oleh Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.

Irjen Fadil Imran mengatakan bahwa kasus Covid-19 di Kampung Tangguh Jaya ini, mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini dikarenakan, adanya layanan swab antigen gratis yang disediakan untuk warga.

“Alhamdulillah, kasus covid di Kampung Tangguh Jaya RW 015 Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, mengalami penurunan yang signifikan,” ucap Fadil, usai melakukan pengecekan di Kampung Tangguh Jaya RW 015, Jumat (26/2/2021).