Warga Tomohon Diminta Kritisi Calon PPK

160
Stenly Kowaas

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Nama-nama calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon, 23 September 2020, telah dipublikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon. Setelah melewati tes tertulis, 10 orang di tiap kecamatan berhasil masuk 10 besar. Masyarakat pun diajak memantau rekam jejak mereka.

Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut melalui Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM Stenly Kowaas, menjelaskan 10 calon anggota PPK tersebut sudah melewati 2 tahapan seleksi. Seleksi administrasi dan tertulis berbasis CBT (Computer Based Test). “Nama-nama yang lolos 10 besar sudah diketahui calon PPK, karena setelah CBT lalu hasilnya langsung diperlihatkan kepada mereka,” tutur Kowaas.

Ia menegaskan, KPU Tomohon berkomitmen menghadirkan anggota PPK yang punya rekam jejak yang baik. “Yang paling penting, yang terpilih masuk 5 besar nanti adalah figur-figur independen dan tidak terkait dengan parpol. Itulah kenapa masukan dan tanggapan masyarakat sangat krusial,” jelas Kowaas.

Sesuai timeline rekrutmen PPK, uji publik tahap 1 akan berlangsung sampai dengan 8 Februari. KPU Tomohon sudah menyiapkan kotak aduan, dimana masyarakat wajib menyampaikan tanggapan dan masukan lewat kotak aduan, dengan dilampiri fotokopi E-KTP. “Kami menjamin identitas pengadu dirahasiakan. Tidak usah khawatir. Nantinya informasi resmi masyarakat tersebut akan jadi bahan buat kami dalam melakukan wawancara,” jelas Kowaas.

Tahapan wawancara sendiri akan dilaksanakan Sabtu (8/2), di kantor KPU Kota Tomohon. (Risal Kahidopang)