Wongso Mengaku ke Luar Negeri Melalui Produser Resmi

MANGUNINEWS.COM, Manado – Empat Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri, tepatnya ke Paris, Prancis. Kunker tersebut guna melaksanakan tugas serta tanggung jawab sebagai wakil rakyat.

Keempat Anggota DPRD Sulut yang tergabung di Komisi Satu yakni Mohammad Wongso (Fraksi Nasdem), Sherlly Tjanggulung (Fraksi Nasdem), Jhon Panambunan (Fraksi Nasdem), dan Imelda Rewah  (Fraksi PDIP).

Saat dikonfirmasi lewat telepon selular terkait kunjungan kerja tersebut, dan apa hasil yang di peroleh dari kunker itu, Mohammad Wongso menjelaskan bahwa kunjungan mereka berdasarkan undangan resmi dari Assosiasi Pasar Malam yang ada di Kota Paris.

“Dengan maksud mengenalkan Sulut, khususnya pariwisata yang ada di Sulut. Seperti, KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Bitung, terutama Likupang (KEK Pariwisata). Sulut kan termasuk daerah prioritas pengembangan pariwisata nasional oleh pemerintah pusat,” tutur Wongso.

Lanjut ditegaskan politisi dari Partai Nasdem ini, kunjungan kerja ke Paris itu jelas dan melalui prosedur resmi.

“Semua prosedur dijalankan untuk kunjungan ke luar negeri, termasuk izin ketua (DPRD Sulut) dan sepengatahuan gubernur. Bahkan sampai ke Depdagri dan Kemenlu. Tahapan-tahapan pembuatan dokumen untuk izin pun melalui prosedur. Jadi, kepergian kami tugas ke luar negeri jelas dan melalui prosedur resmi,” ujar dia.

Ditanya apakah dirinya bersama tiga anggota dewan lainnya tidak khawatir akan terjangkit virus corona yang sedang melanda dunia, Sekretaris Komisi I ini merespon positif.

“Kalaupun Kota Paris tujuan kami terdeteksi rawan virus corona, dari awal maksud tujuan kami ke Paris akan ditolak oleh KBRI. Dan alhamdulillah kami berempat sampai sekarang ini masih dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga kami masih sehat walafiat,” ucap Wongso.

Sementara, saat ditanyakan apakah dirinya dan tiga anggota dewan lain siap melakukan pemeriksaan virus corona begitu tiba di Indonesia, khususnya Manado, Wongso pun dengan tegas mengatakan siap untuk diperiksa.

“Kami siap untuk semua itu. Biar bisa membuktikan apa yang ditakutkan teman-teman dan masyarakat umumnya. Torang semua sehat di sini dan dijauhkan dari virus tersebut,” ungkap Wongso.

Ia pun mengungkapkan keberatannya dengan pemberitaan sebelumnya. “Sebenarnya kami merasa keberatan dengan berita yang termuat bahwa kami harus diisolasi tanpa koordinasi dengan kami dan mengetahui keadaan di Kota Paris yang sebenarnya,” tandasnya. (Eka Egeten)