Wujudkan Kemandirian Energi, DEM Sulut Siap Realisasikan Program ‘Desa Energi’

MANGUNINEWS.COM, Manado – Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Sulawesi Utara (Sulut) terus berkomitmen mewujudkan ketahanan energi di Sulut dalam pengembangan energi baru dan terbarukan, dengan memanfaatkan energi matahari sebagai pembangkit listrik.

Hal itu akan dibuktikan DEM Sulut dengan menggelar kegiatan bertajuk ‘Desa Energi’ di Kecamatan Likupang Timur, pada 28 Oktober 2020.

Ketua Panitia, Donny Sinaga mengatakan, kegiatan tersebut akan meliputi sosialisasi energi baru dan terbarukan, pelatihan sistem panel surya, traning perakitan panel surya, dan diakhiri dengan penyerahan serta pemasangan unit panel surya dengan sistem off grid kepada masyarakat.

Dijelaskan, DEM Sulut merupakan organisasi mahasiswa yang memiliki tujuan dalam mewujudkan kemandirian energi di Sulut.

“Terkhusus dalam bidang pengembangan energi baru dan terbarukan. Besarnya potensi energi matahari di Sulut, tidak membuat kebutuhan energi khususnya energi listrik dapat dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat,” terangnya.

Sinaga melanjutkan, energi merupakan sesuatu yang bersifat abstrak yang sulit dibuktikan tetapi dapat dirasakan keadaanya. Juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan pekerjaan.

“Energi dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia. Matahari menyediakan 10.000 kali energi bumi yang dapat dimanfaatkan siapapun sebagai sumber energi alternatif yang potensial, contohnya panel surya (solar cell),” ujar Sinaga.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Desa Energi ini, mereka berharap dapat memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat Sulut terkhusus di Likupang Timur.

“Harapannya masyarakat mampu mengembangkan dan meneruskan program ini secara mandiri, sehingga dapat merasakan energi listrik sepenuhnya dengan adanya desa energi ini. Diharapkan juga, masyarakat mampu mengembangkan destinasi wisata pantai di kecamatan Likupang Timur,” kuncinya.

(Anugrah Pandey)