Bawaslu Sulut Harap Sinergitas Stakeholder di Masa Tenang Pemilu 2024

MANGUNINEWS.COM, Manado – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyelenggarakan ‘Rapat Fasilitasi Dukungan Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulut Bersama Stakeholder Dalam Pengawasan Tahapan Masa Tenang Pemilu 2024 di Provinsi Sulut.’ Kegiatan yang dilaksanakan sejak 11 hingga 13 Februari di Hotel Aryaduta Manado ini, dibuka secara langsung oleh Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh.

Kepada awak media, Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut, Aldrin Arthur Christian mengatakan, guna memastikan sinergitas antar peserta pemilu, pengawas pemilu dan stakeholder, maka Bawaslu Sulut memandang perlu melaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan pendidikan kepemiluan kepada stakeholder, terkait pengawasan tahapan pemilu.

“Saat ini masa tenang, diharapkan betul-betul terimplementasi. Artinya sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 1 Ayat 36, masa tenang adalah masa dimana tidak ada lagi kampanye dalam bentuk apapun,” ujarnya.

“Oeh karena itu, alat peraga kampanye ataupun iklan, survei, dan aktifitas-aktifitas yang mengarah pada kampanye, itu tidak terjadi. Sehingga memasuki hari H pemilihan semua berjalan dengan lancar, aman dan damai, sehingga apa yang diharapkan tercapai sesuai dengan aturan,” tandasnya.

Ia pula berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan persamaan persepsi terkait pelaksanaan proses pengawasan tahapan pemilu, khususnya dalam masa tenang.